Jumat, 27 Februari 2015

Puisi Kenangan Indah Masa Lalu

Kumpulan puisi kenangan yang indah di masa lalu. Puisi-puisi kenangan indah ini akan membawa kita menjelajahi memori cinta di masa silam.

JANGAN PERGI KEKASIHKU
Puisi kenangan karya Merry telenggen

kau begitu sempurna di mataku

hatiku mulai tenang bila kau ada di sampingku
hatiku mulai rapuh bila kau tak ada di sampingku

apa yang harus aku lakukan tanpa dirimu
canda dan tawa mu begitu terniang dalam lubuk hatiku
teringat saat-saat kau ada di samping ku

kau menemani ku dengan penuh ke hangatan
menghilang rasa sedih dan sepi yang kurasakan
menghilangkan kegelisan yang selalu menyelimuti hatiku

tapi kini kau telah pergi, entah apa yang bisa aku lakukan tanpamu
kau begitu indah, dan mungkin akan tetap indah selamanya.
aku akan setia menunggu mu disini
hingga waktu yang akan mempertemuankan aku dan kamu
aku berdoa tak hentinya ku curah kan untukmu
agar kau bisa bahagia di surga.....
walaupun air mata tak hetinya ku teteskan untukmu
tapi ku yakin air mata ini air mata ketegaran

jangan pergi kekasih ku teriakan yang begitu hebat
dalam hatiku.
meski kau tak ada tapi kenanganmu akan tetap ada
dan lubuk hatiku selamanya


MEMORI SEMBILU
Puisi kenangan karya Roby telenggen

ku lantunkan sebuah lagu tentang rasa..
sebuah rasa yang mampu merubah seseorang dan dunia..

ku nyanyikan bait demi bait untuk mengingat memori ini....
meski ku tak tau apa kau mendengarkannya di malam yang sunyi..

dinginnya malam menyapaku di temaramnya bulan..
menundukkan pundak pundak diri yang sendirian..

mengembalikanku pada sebuah kesuraman..
mengembalikan memori yang pernah terpendam..

memori sembilu yang kembali di tayangkan..


Aku dan Sahabat Masa Lalu
Puisi kenangan karya teman waker dua ribu

Tidak terasa hampir 20 tahun berlalu
Suka dan duka kehidupan silih berganti menghantuiku
Seperti gula dan garam yang bercampur
Itulah nikmat dari kehidupan

Tak terasa juga sebuah makna kata yang lebih dari teman ku berikan
Yaitu Sahabat.

Dulu ku berpikir semuanya akan abadi termasuk yang ada di sekitar ku
Seperti pohon yang menetap di singgasana pot
Sahabat.... kini kita terkikis arus jaman

Tapi masa lalu akan selalu mengingat kita ..pada masa di saat tubuh kecil ini selalu disepelekan dan dimaki oleh mulut besar itu..

Tawa semua adalah kenangan manis kita, berjalan mengarungi sebuah kampung yang indah, diarungi lautan mimpi masa depan adalah kenangan manis yang tidak bisa dilupakan begitu saja sob..

Duka adalah bagian yang menyakitkan dalam kehidupan ini sob tapi

Rasa seperti kekompakan tubuh ini, terasa ringan menghadapinya..

Kenanglah ini sob,
Mengenang adalah sesuatu yang indah, walaupun air mata akan selalu menyertai lukisan kehidupan ini.


Kau dan Masa Lalu
Puisi kenangan karya anak anak aspuja kota yogya

ku masih ingat..
akan suara merdumu..
yang membangunkan aku dari lelapnya tidurku..

ku masih ingat..
lembutnya sentuhan yang kau berikan..
seakan menghilangkan semua keraguanku..

aku masih ingat..
akan kata kata sayang darimu..
yang membuatku meninggalkan yang lain demi dirimu..

tapi taukah kau..
betapa sakit yang aku rasakan..
ketika aku tau semua itu tidak nyata untuk ku..
semua bagaikan fatamorgana yang datang dan berlalu..

aku seakan tidak percaya..
ketika aku tau inilah balasan darimu..

selamat tinggal sayang..
biarkan semua itu menjadi masa lalu yang terpendam..
masa lalu yang akan ku lupakan..


Memory Terhapus Hujan
Puisi kenangan karya ade lissa enumby

Mengapa oh.. mengapa.. kau tinggalkan diriku...
Tak tahu,,ku tak tahu,,salah apa aku padamu
Hingga kaupun tega biarkan aku sendiri ,,
Sendiri lagi ,,
Mungkin kau kecewa,,namun ini semua kenyataan kita
Aku harus bersabar,semua akan indah pada waktunya

Kamu kan selamanya jadi yang terbaik buatkku
Inilah semua sisi lain darimu yang baru ku tahu
Apapun itu,,,
Ku harus menerimanya,dan harus membiasakannya

Ku hanya mampu simpan semua kenangan itu
Yang selalu ada dalam bayang-bayang hidup ku
Yang seolah selalu membisikan bahwa harap ku tlah usai
Untuk mendapatkanmu ...

Apakah aku ,,
Harus meninggalkan semua kehidupan tanpamu
Apakah aku ,,
Tak dapat temani lagi dirimu walau itu semu

Butiran bening dari lagit pun jatuh
Semua tampak nyata,bukan sebuah oasis ...
Tapi ketika kau melangkah pergi
Semua bayang,aroma hingga suara tak lagi terdengar olehku
Maaf jika aku terlalu semu untukmu ,,
Untuk kau miliki ,,
Tapi apakah butiran ini kan selalu mengiringi aku
Dalam melihat semua tawa dan tangis mu???
Semua kisah ku ada pada hujan
Semua kisah kita terhapus oleh sebuah hujan yang tak kenal darimana..
Menghancurkan semua kepercayaan yang telah ku pupuk
Namun cerita indah kita kan selalu tersimpan
Dan terjaga dalam hatiku


SEBERKAS KISAH MASA LALU
Puisi karya lanny dua

Mengenangmu..adalah satu kesalahan dan kebodohan terbesar dalam hidupku
Tapi...fikiran ini tak tahu kenapa tak dapat terhapuskan oleh kisah kita dan namamu
Kau tak kan pernah tau betapa hancur dan terpuruknya aku...
Mungkin aku terlalu berlebihan dengan satu kisah yang pernah kita ukir...
Sudah ku coba untuk mengikhlaskan dan melupakan mu,,,
Satu tahun lamanya...aku terdiam mencoba menghapuskan semua luka yang ada,,,
Namun...begitu berat,,,
Aku tak punya daya untuk melakukannya
Cintaku begitu tulus dan apa adanya padamu...
Dua bola mataku yang begitu terang melihat semua kekuranganmu...
Dengan cahaya cinta yang datang dari hati ini dapat menerangkan semuanya...
Tak pernah kurasakan SAKIT dan CINTA sedalam ini
Rasanya aku ingin hilang ingatan untuk menghapuskan semuanya...
Tapi kusadari semua itu hanya ketenangan sementara waktu
Aku tahu persis jalan kita begitu berbeda
Namun,,,, hati ini tak henti berharap meski hanya sebuah harapan kosong
Dan sekarang aku hanya ingin menjalani kehidupanku seperti dulu,,
Tak tergantung pada kehadiranmu


Kenangan Cinta
Puisi karya roby telenggen

Aku menangis dalam heningnya malam
Mengingat kisah kita dahulu
Hanyat pelukmu…,
Indah senyummu…,
Manis ucapmu…,
Tak pernah lagi kutemui
Yang tersisa hanya kenangan

Kau tinggalkan daku sendiri
Hidupku hampa karenamu
Hidupku gelap karenamu
Hidupku tak berguna karenamu

Meski kau tlah tinggalkan luka
Hati kecil ini masih tersimpan sepercik cinta untukmu
Tapi dirimu tak akan kembali paaku
Dan ku anggap dirimu kenangan indahku

Itu dia kumpulan puisi kenangan yang bisa saya posting kali ini. Kalau kamu punya puisi kenangan seperti di atas silahkan bagikan di kolom komentar.
Judul : Puisi Kenangan Indah Masa Lalu
Deskripsi : Kumpulan puisi kenangan yang indah di masa lalu. Puisi-puisi kenangan indah ini akan membawa kita menjelajahi memori cinta di masa silam. ...

Kisah Seorang Kakek yang Miskin



Alkisah seorang tua miskin disuatu kampung memiliki seekor kuda putih yang indah. Penduduk kampung tersebut menyarankan agar pak tua menjual saja kuda tersebut karena membutuhkan biaya besar untuk merawatnya agar tetap terlihat cantik, lagipula kuda seindah itu rentan terhadap pencurian, namun pak tua menolak untuk menjualnya. Suatu ketika kekhawatiran warga kampung menjadi kenyataan, kuda sudah tidak ada lagi dikandangnya, raib entah kemana. Melihat kejadian ini, penduduk lalu menyalahkan orang-tua :”Lihatlah.., apa yang kami sampaikan adalah sesuatu yang logis dan masuk akal, semua orang juga akan berpikiran yang sama, bahwa kuda yang cantik tersebut akan hilang dicuri. Karena anda tidak mau menerima pendapat yang masuk akal ini maka sekarang anda harus menghadapi musibah, kehilangan kuda..”. Pak tua menjawab :”Darimana kalian tahu kalau kehilangan kuda yang cantik tersebut menjadi musibah buat saya..?”.  


Ternyata beberapa hari kemudian kuda yang cantik tersebut kembali lagi ke kandangnya. Rupanya si kuda pergi ke hutan untuk beberapa lama dan berkumpul dengan kuda-kuda liar yang hidup disana, ketika kembali, kuda tersebut membawa belasan kuda liar untuk masuk ke kandang bersama-sama. Mendengar kejadian ini, penduduk kemudian mendatangi pak tua dan berkata :”Ternyata anda benar, apa yang dalam pandangan logis kami merupakan musibah buat anda ternyata malah sebaliknya, merupakan suatu keberuntungan yang besar..”. lagi-lagi pak tua tidak peduli dan menjawab :”Darimana kalian tahu kalau bertambahnya kuda yang saya miliki tersebut merupakan keberuntungan..?”. Penduduk kampung kembali heran dengan jawaban pak tua, mereka kemudian pergi dengan bertanya-tanya.  

Pak tua memiliki seorang anak laki-laki, beberapa waktu berlalu anaknya tersebut mengurus kuda-kuda liar tersebut, melatihnya agar bisa dimanfaatkan untuk bekerja ditanah pertanian milik mereka, namun terjadi kecelakaan, anak pak tua jatuh dari kudanya dan mengalami patah kaki. Penduduk yang mendengar khabar ini langsung mendatangi pak tua dan berkata :”Lagi-lagi anda benar, ternyata apa yang kami anggap sebagai berkah dan keberuntungan anda malah menimbulkan musibah, anak anda menjadi celaka dan kakinya patah. Coba kalau kuda anda tidak kembali membawa kuda-kuda liar dari hutan..”. Pak tua kembali menjawab :”Darimana kalian mengetahui kalau kecelakaan yang dialami anak saya merupakan musibah buat kami..?”. Sekali lagi orang-orang kampung tersebut pulang dengan terheran-heran.  

Beberapa bulan kemudian, penduduk kampung didatangi oleh petugas kerajaan. Ternyata negeri dalam keadaan perang dan kedatangan petugas kerajaan tersebut untuk merekrut para pemuda masuk wajib militer membela negara. Masalahnya musuh yang dilawan sangat kuat sehingga kemungkinan besar negeri tersebut akan kalah perang dan kecil peluang bagi tentara untuk bisa bertahan hidup di medan perang. Namun anak pak tua tidak termasuk tenaga yang direkrut karena kakinya patah. Mendapati cerita ini, penduduk kampung kembali datang kepada pak tua, mereka bicara, kali ini sambil menangis :”Anda beruntung pak tua.., anak laki-lakimu selamat dari kematian, ternyata kecelakaan yang menimpanya dan kami anggap merupakan musibah buat anda, sebaliknya malah menjadi keberuntungan anda..”.  

Pak tua lalu menjawab :” Untuk kesekian kalinya aku berbicara pada kalian bahwa kalian selalu terlalu cepat menarik kesimpulan. Tidak ada yang tahu apakah ini keberuntungan atau musibah. Tidak ada yang cukup bijaksana untuk mengetahui karena hanya Allah yang tahu.”  

Cerita ini mungkin hanya sebuah dongeng rekaan, namun sangat dekat dengan kehidupan kita. Tanpa terasa apa yang terjadi sebenarnya terjadi juga dalam kehidupan nyata yang kita jalani sehari-hari. Ketika seseorang mendapatkan suatu jabatan, menjadi menteri, boss perusahaan, walikota/bupati, anggota lembaga bergengsi, dll, orang tersebut lalu mengadakan selamatan dengan pesta tumpeng, mendapat kiriman karangan bunga, didatangi karib-kerabat untuk sekedar mengucapkan selamat. Namun ternyata jabatan yang dia peroleh tersebut sebenarnya pembuka jalan buat dia untuk masuk penjara, dan masuk neraka. Kejadian yang dianggap menggembirakan-pun seperti pesta pernikahan, kelahiran anak, dll tidak luput dari kemungkinan ‘salah duga’ seperti yang terjadi pada penduduk kampung tadi. Ketika seorang wanita memperoleh jodoh pria tampan, kaya dan gagah-perkasa, lalu mereka menikah dengan melaksanakan pesta besar-besaran mengundang ribuan tamu. Ternyata ketika menjalani rumat-tangga, si pria berubah menjadi orang yang ‘ringan-tangan’ dan suka memukul. Kita lalu bisa berimajinasi seandainya para tamu undangan mengetahui apa yang akan terjadi dengan rumah-tangga si pengantin wanita, ucapan selamat mereka bunyinya :”Selamat yaa.., kamu sudah mendapatkan pasangan yang akan membuat kamu babak-belur dan menderita kelak..”.  

Demikian pula dengan kelahiran seorang anak, orang-tua mana yang tidak akan gembira menyambut kelahiran anak yang selama ini ditunggu-tunggu..? Namun boleh jadi si anak tersebut ternyata pembuka jalan bagi penderitaan orang-tuanya, ketika beranjak dewasa menjadi preman, bintang porno yang membuat malu orang-tua, atau juga koruptor yang ketahuan tertangkap KPK. Begitu mengalami penderitaan akibat kelakuan si anak, orang-tua yang dulunya menganggap dianugerahi rahmat dan berkah oleh Allah, berbalik memohon agar si anak dikembalikan saja kedalam perut ibunya, dan meminta untuk tidak pernah dilahirkan. Makanya seorang ustadz pernah bercerita kepada saya, ketika dia mendengar keluhan seorang ibu yang sudah bertahun-tahun tidak juga mendapatkan anak yang sangat dia nanti-nanti, yang akan menjadi pelengkap kebahagiaannya dihari tua, pak ustadz langsung menjawab :”Siapa yang bisa menjamin bahwa kalau ibu punya anak, maka anak tersebut akan mendatangkan kebahagiaan kelak, dan bukan kesengsaraan..?”.  

Saya tidak akan menguraikan kemungkinan sebaliknya, betapa banyaknya orang-orang yang dalam penilaian kita mendapat musibah dan ketidak-beruntungan dalam hidup, namun ternyata nasibnya tersebut justru merupakan kejadian yang menyelamatkan dari laknat Allah.  

…Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (Al-Baqarah: 216)  

…(maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.   

Satu-satunya cara bersikap yang tepat terhadap hal yang pasti kita hadapi ini adalah dengan berprasangka baik terhadap Allah, tidak ada lagi cara yang lain. Bersikap sebaliknya, curiga dan berprasangka buruk, lalu mengatakan :”Tuhan tidak sayang sama saya, Dia sama sekali tidak peduli..”, hanya akan berakibat merugikan diri sendiri, akan membuat kita menjauh dari Allah, dan ketika kita sudah jauh, kejadian apapun tidak lagi memiliki nilai kebaikan, tidak peduli kita senang ataupun susah ketika mendapatkannya.

KUMPULAN BUKU SINOPSIS BUKU

Senin, 23 Februari 2015


Winners of Monthly Giveaway February 2015

Hi, sorry for the late announcement of
International Book Giving Day's winners. Pasti sudah banyak
 yang nggak sabar pengen tahu siapa 6 orang yang
beruntung nih. OK, langsung saja, berikut nama-nama pemenangnya:

Paket 1 Ade Delina
Paket 2 Dias Shinta Devi
Paket 3 Rico Martha Renata
Paket 4 Widyoresmi
Paket 5 Kazehaya Shota (Zuhelviyani) 
Paket Spesial Lilis Hermawati Bagus Budi

note: Karena Lilis tidak melakukan 
konfirmasi dalam batas waktu yang telah 
ditentukan, maka berdasarkan random.org pada 
rafflecopter, telah terpilih pemenang baru, Bagus Budi.
  • Pemenang harap segera melakukan 
  • konfirmasi Nama + Alamat lengkap (Kel. Kec.
  •  Kab/Prov. Kode Pos) + No. Tlp dalam 2x24 jam melalui contact me form.
  • Apabila tidak ada konfirmasi hingga 25 Feb 2015,
  •  maka akan dipilih pemenang baru.

Dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih untuk kalian
semua yang sudah ikut serta meramaikan Monthly
Giveaway ini. Saya senang sekali membaca satu persatu
kisah cinta yang kalian tinggalkan pada kolom komentar.
It was a pleasure to read and reply all.

Bagi yang belum beruntung, jangan kecewa. Karena
saya selalu akan mengadakan Monthly Giveaway pada
 kesempatan berikutnya. Stay tune on okydanbuku.com,
love you all, smooch <3 p="">


You might also like:

Sabtu, 14 Februari 2015


Monthly Giveaway: Let's celebrate International Book Giving Day 2015

Hi, happy valentine's day, everybody! Siapa yang udah ngasih
cokelat atau bunga untuk orang terkasih? Saya? Sudah dong,
coklat untuk Bapak, Ibu, dan adek. Untuk pacar dikasih gambar
 virtual aja, soalnya dia jauh~ saking jauhnya saya sampai nggak
tahu dia lagi dimana #lohpiyeto?

Anyway, saya baru tahu siang tadi kalo hari ini berbarengan
dengan event International Book Giving Day
 (thanks to Mas Dion's status on facebook). 






Long story short, saya kan kebetulan memang
 belum bikin Monthly Giveaway: February jadi ya sekalian ya.
Mumpung lagi di rumah juga, sekalian beberes lemari, saya jadi
dapat banyak 'bahan' nih buat dibagikan hehe.



Monthly Giveaway February


Berita gembira untuk kita semua. Setelah saya cek lemari,
saya menemukan 25 buku prelovedyang dengan senang
 hati (seneng lah bisa berbagi, dan mengosongkan lemari
 untuk yang baru #eaak) akan saya berikan untuk
 6 orang beruntung! Iya, nggak hanya satu, dua atau tiga kayak
biasanya, tapi untuk 6 orang! Wuoow!! (kok malah takjub sendiri).

Idealnya, saya ingin bagikan ke-25 buku ini untuk
 25 orang. Tapi apa daya, banyak keterbatasan yang
 saya miliki. Jadi saya bagi per paket ya. Dan karena
 ini buku preloved alias bekas, mohon maklum kalau
 bentuk dan keadaannya sudah tidak seprima yang anda
bayangkan. Beberapa masih bagus, karena statusnya timbunan
yang belum saya baca meskipun sudah disampul. Tapi beberapa
lainnya ada yang sudah menguning dan kusam. 

Tapi niat saya tulus, sumpah. Daripada nganggur menjamur
di lemari, saya ingin ada yang memilikinya, terutama yang
belum pernah baca. Lumayan buat hiburan kalian, kan kalau
 situ senang, saya juga kecipratan pahalanya hehehe (rupanya
tak setulus yang saya inginkan).

Anyway, here we go~

  • Sign in: masukkan email atau username facebook kamu
  • Wajib isi nama dan identitas yang bisa di hubungi
  • Wajib meninggalkan komentar 
  • Lainnya Optional (follow GFC, subscribe email, follow twitter, follow bloglovin, tweet giveaway, dll) 
  • Semakin banyak mengisi entry, maka kesempatan menang semakin besar
  • Giveaway berlangsung tanggal 14-02-2015 pukul 09.00 WIB s/d 20-02-2015 pukul 12.00 WIB
  • Pemenang akan diumumkan tanggal 20 Februari 2015
  • Saya akan mengecek seluruh entry dan entry yg tidak valid akan dianggap gugur
  • Ada yang mau di tanyakan? [contact me]
  • Goodluck (^________^)

PAKET 1
  • Love You to Death by Crissy Calhoun
  • Think Big and Kick Ass in Business and Life by Donald Trump & Bill Zanker
  • Ngeblog dengan Hati by Ndoro Kakung
  • Free Things by Iwok Abqary


PAKET 2
  • Satu Masa di Cielo by Nugraha Sugiarta
  • Cahaya-Cahaya Cinta-Mu by Sony Ade
  • Mendadak Dangdut by Ninit Yunita
  • Preman Kecoak vs Ninja Cantik by Ike Puspitasari
  • Kung Pao Chicken Loce by La Mian


 PAKET 3
  • The Arabian Nightmare by Robert Irwin
  • New Emon by Oben Cedric
  • Nightfall byRizky Y. S.
  • Gangway: Malam Jumat Klimis by Boim Lebon
  • Pocong Nengok by Nana R. Praptini


 PAKET 4
  • Forget about it by Caprice Crane
  • Ellie Hart Si Super Sibuk by Kate Mayfield
  • One Gigabyte of Love by Helvy Tiana Rosa, Asma Nadia, dkk
  • Mawar Gurun by Liz Fielding
  • Aku Suka Kau yang Dulu by Heather MacAllister

PAKET 5
  • Victory by Luna Torasingu
  • Confeito by Windhy Puspitadewi
  • e-love by Caroline Plaisted
  • Plizz I'm not Princess by Utami Pratiwi
  • So real/surreal by Nugroho Nurarifin


 PAKET SPESIAL
Special Package [Segel]
State of Fear by Michael Crichton


So, those books are given to YOU (yes, you the lucky one)
by ME. Gimana caranya? Simply take this rafflecopter below!

AWAL DAN AKHIR DUNIA INI

12 Januari 1986

Kejadian 1:1-2

Apa yang Anda harapkan untuk saya khotbahkan, Eddie? Saya baru saja bersuka cita memuji Tuhan bagimu. Kamu kelihatan begitu semangat, memuliakan Tuhan, dan saya turut bersuka cita di dalam musik yang ditampilkan. Musik milik gereja. Kita telah memiliki pusat kesenian di gereja ini. Kegiatan drama – presentasi drama yang bagus, presentasi yang dramatis tentang kebenaran Tuhan- semuanya milik gereja. Dan ketika saya melihat semua itu ada di dunia sekuler – saya tidak iri atas penampilan mereka di pentas nyanyi, di teater, di gedung-gedung pertunjukkan besar, dalam pementasan drama, dan di semua pementasan lain. Saya terus mendorong paduan suara gereja untuk terus menampilkan musik-musik indah, seperti yang baru saja engkau nyanyikan, seperti yang engkau nyanyikan hari Minggu lalu, dan seperti yang akan kau bawakan Minggu depan. Pertahankan semua itu. Anda telah melakukan sesuatu, demi kemulian Tuhan.
Suatu kebahagiaan kami di Gereja  First Baptist di Dallas untuk menyambut semua pendengar radio dan pemirsa televisi. Gembala Gereja First Baptist  akan memulai menyampaikan rangkaian sembilan  pesan. Dengan tema : Yang Awal dan Yang Akhir.
Kita seperti berada di ketinggian suatu tempat, di atas gunung yang sangat tinggi. Dan kita dapat menikmati pemandangan yang sangat indah hasil karya tangan Tuhan dan seluruh cerita sejarah, dari awal, dari sejak penciptaan, sampai akhir. Hari ini, “ Awal dan Akhir Dunia,” di alam semesta tempat tinggal kita.
Minggu depan, “Awal dan Akhir Derita.” Dilanjutkan, “Awal dan Akhir Kematian.” Kemudian, “Awal dan Akhir Setan.” Dilanjutkan, “Awal dan Akhir Kemuliaan.” Selanjutnya, “Awal dan Akhir Gereja.” dan   ”Awal dan Akhir Pengampunan.” Dan yang terakhir adalah, “Awal dan Akhir Milenium Emas.” Sembilan rangkaian pesan  berkisar tentang, “Awal dan Akhir,” merupakan ringkasan yang padat tentang  tujuan dan campur tangan Tuhan di dalam sejarah.
Pesan hari ini, “Awal dan Akhir Dunia,” semesta yang telah diciptakan. Kitab Suci membukanya dengan kata-kata yang sangat indah: “Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.”

“Pada mulanya, Tuhan menciptakan langit dan bumi.”  Allah mengerjakannya. Ia tidak mengerjakannya asal-asalan. Karena tidak sesuai dengan sifat Tuhan. Tuhan menciptakan langit dan bumi dengan sempurna. Ketidaksempurnaan tidak mungkin dan tidak berlaku untuk Tuhan. Karena itu kita mengerti bahwa Tuhan menciptakan alam semesta ini sempurna, indah dan terbentuk  sempurna dalam segala bagiannya.
Bukan karena kita mengerti tetapi, Kitab Wahyu juga menguatkannya. Yesaya 45:18 mengatakan : Sebab beginilah firman Tuhan, yang menciptakan langit, Dialah Allah yang membentuk bumi dan menjadikannya, dan yang menegakkannya, dan Ia menciptakannya bukan  tohu. Ada kata tohu. Dan bumi adalah   tohu atau  bohu artinya kacau, tak berbentuk, kosong.
Yesaya berkata,” Tuhan tidak menciptakannya kosong, tak berbentuk dan kacau.” Tohu atau bohu, Tuhan tidak melakukan hal itu. Tuhan menciptakan dunia yang sempurna, indah, dengan ukuran yang selaras, dengan bentuk yang simetris, seluruhnya. Sesuatu pasti telah terjadi. Jika Tuhan telah menciptakan alam semesta dan bumi yang indah serta sempurna, tetapi kemudian berubah menjadi kacau dan kosong, pasti sesuatu telah terjadi. Sesuatu telah terjadi.
Dosa memasuki daerah ciptaan Tuhan. Dosa tidak berawal dari Adam dan Hawa. Telah ada sebelum Adam dan Hawa, sebelum Taman Eden, ada tokoh yang lain. Pasal ke 14 dari Kitab Yesaya menyebutnya Lucifer. Pasal ke 28 dari Kitab Yehezkiel menyebutnya kerub yang  berjaga di gunung kudus Allah, yang merupakan gambar dari kesempurnaan, penuh hikmat dan maha indah. Dan Tuhan meletakan segala yang indah kepadanya.
Tetapi pada pasal ke 28 dari Kitab Yehezkiel mengatakan ia tak bercela sampai kecurangan ada padanya. Kembali lagi ke Kitab Yesaya, Yesaya mengatakan bahwa Lucifer yang elok,  pemimpin dari semua kerajaan Tuhan, pemimpin para malaikat dan hasil karya tangan Allah, ia menjadi tinggi hati dan berkata, “Saya akan menjadi Tuhan.”
Kecurangan didapat ada padanya, seperti yang dikatakan Yehezkiel, dan ketika dosa memasuki alam semesta, dosa merusaknya. Dosa memporak-porandakannya. Adakah sesuatu yang tidak masuk akal? Tidak. Apapun yang kamu baca di dalam Kitab Suci akan diteguhkan dalam pengalaman umat manusia, dalam kehidupanmu. Dikuatkan dalam pengalaman hidup kita. Bilamana dosa ada, dosa akan memecah belah. Dosa mencabik-cabik. Tidak ada kecuali.
Saya mengenal dua pengusaha di kota Dallas, pengusaha yang sukses, sangat sukses, dan mereka berteman baik – indah melihat persahabatan mereka. Suatu hari, salah satu dari pengusaha itu kembali dari perjalanan bisnisnya lebih cepat dari jadwal yang seharusnya, dan dia mendapatkan sahabatnya sedang tidur bersama istrinya. Dosa mencabik-cabik. Dosa memecah belah. Dosa memghancurkan. Dosa merusak setiap rumah tangga.
Perjudian, kemabukkan, alkohol, kemarahan; dosa akan menghancurkan setiap rumah tangga. Dosa akan menghancurkan gereja. Tidak ada suatu kepahitan sampai kita melihat dosa ada di dalam tubuh gereja. Dosa akan merusak bank besar, ada penyelundupan, penipuan, pencurian. Dosa akan merusak masyarakat. Segala-galanya.
Dosa akan memecah belah bangsa dan menghancurkannya. Anda melihat sendiri konfrontasi antara Amerika dan terorisme yang disponsori oleh Libya. Dosa, dosa telah menghancurkan alam semesta yang sangat indah milik Tuhan dan bumi menjadi rusak dan kacau. Allah melihat semua ketidakberesan ini, kerusakkan yang ditimbulkan Lucifer, dan Allah melakukan hal yang luar biasa. Ia menemukan waktu dan waktu mulai di ayat ke 3 pada bab ke 1 Kitab Kejadian. Kita memiliki siang dan malam. Tuhan menciptakan kembali dunia yang hancur. Tuhan melakukannya dalam enam hari.
Tuhan telah melakukan hal yang sangat menarik. Indah. Tiga kali kata bara digunakan dalam pasal pertama Kitab Kejadian. Bara artinya menciptakan, dari yang tidak ada menjadi ada, dan hanya Allah yang dapat melakukannya. Tiga kali dalam pasal pertama Kitab Kejadian. Tuhan menciptakan. Ia menghadirkan sesuatu dari yang bukan sesuatu. 
Bara yang pertama, Tuhan menciptakan langit dan bumi. Ia menciptakan sesuatu. Pada mulanya Allah menciptakan segala sesuatu yang ada, belum ada yang ditambahkan, tidak ada yang rusak. Akan begitu selamanya. Tuhan bara, menciptakan sesuatu.
Dalam Kitab Kejadian 1:21, Tuhan menciptakan kehidupan. Tak ada manusia yang dapat menciptakan kehidupan, tidak akan pernah. Itu adalah hak prerogatif Tuhan yang maha kuasa. Bara, Tuhan menciptakan kehidupan, Dan yang ketiga, dalam Kitab Kejadian 1:27, Tuhan menghembuskan nafas hidup pada manusia, menciptakan manusia  menurut gambar dan rupa Allah. Manusia bersifat peka secara moral. Manusia dapat memikirkan Allah, dan mencintai   Allah dan menjawab Allah.
Itulah tiga karya agung Allah. Sisanya yang anda baca pada bab pertama Kitab Kejadian adalah asah. Tuhan menyempurnakan. Asah. Seorang pandai kayu akan asah. Ia akan membuat sebuah furniture dari sebongkah kayu. Seorang wanita akan asah. Ia menyiapkan makanan yang enak dari bahan yang tersedia. Tuhan, asah, dalam enam hari. Tuhan menciptakan kembali dunia yang indah ini. Dan ketika Tuhan menciptakan kembali dunia yang indah, Tuhan menyebutnya Eden. Eden dalam bahasa Yahudi artinya kesukaan. Dunia adalah suatu kesukaan  di hadapan Allah, di sebelah timur Eden. Dalam Kitab Kejadian 2:8,  di sebelah timur Eden, Tuhan menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya. Dan di taman itu, Tuhan meletakkan laki-laki dan perempuan. Dan Tuhan berkata kepada manusia itu, “Aku telah menyediakan semua ini bagimu, sebab aku telah menciptakan semua yang baru ini untukmu. Semua ini milikmu. Engkau berkuasa atas semua yang ada. Warisan ini milikmu dan engkau berhak mengaturnya.”
Itulah yang dikatakan Allah kepada Adam dan istrinya. “Dan beranak-cuculah dan bertambah banyak,” Tuhan berfirman, “dan taklukkanlah ini.” Saya rasa itulah alasan Tuhan, dengan bertambah banyak menjadi keluarga-keluarga, manusia menguasai Eden ini dan itu, bintang-bintang, galaksi, lintasan langit dan angkasa.
Itulah tujuan Allah. Agar manusia memerintah dan mengatur keutuhan dan keindahan Taman Eden milik Tuhan. Hal ini membuat Setan murka. Anda dapat melihatnya pada pasal ke 12 Kitab Wahyu: “Celakalah kamu, hai bumi dan laut! Karena Iblis telah turun kepadamu, dalam geramnya yang dahsyat.” Dan anda tahu cerita selanjutnya.
Setan menggoda laki-laki dan perempuan agar jatuh  pada ketidakpatuhan pada Tuhan, dan bilamana dosa sudah merasuk, ia akan merobek-robek. Dosa menghancurkan. Sejak saat itu sampai abad dan milenia berakhir, tinggallah kisah sedih dan sengsara,  kematian dan terpisahnya manusia dengan Tuhan. Itulah Awal segalanya.
Bagaimana Akhirnya? Apa akhir dari dunia ini? Cerita berakhir dalam dua versi. Yang pertama berakhir dengan penghakiman yang mengerikan. Berakhir mengerikan. Yang kedua berakhir dengan kemenangan manusia. Terpujilah Tuhan! Dunia berakhir dengan keselamatan yang mulia dan kemenangan manusia mengatasi semua itu. Mari kita lihat.
Satu hal yang universal dalam Kitab Suci, Saya tidak bisa hanya menunjukkan, satu hal yang selalu diulang-ulang dalam Kitab Suci adalah: dunia berakhir mengerikan. Berakhir dalam panas api. Berakhir dalam pembakaran, kekacauan dan penghakiman. Ada di dalam Sabda Tuhan.
Lihatlah Yesaya 13:10: “Sebab bintang-bintang dan gugusan-gugusannya di langit tidak akan memancarkan cahayanya; matahari akan menjadi gelap pada waktu terbit, dan bulan tidak akan memancarkan sinarnya. Kepada dunia akan Kubalaskan kejahatannya, dan kepada orang-orang fasik kesalahan mereka; kesombongan orang-orang pemberani akan Kuhentikan, dan kecongkakan orang-orang yang gagah akan Kupatahkan.” Itu dari Kitab Yesaya.
Ada lagi yang mirip dari Kitab Yehezkiel 32: “Langit akan Kututup dan bintangnya Kubuat berkabut. Matahari Kututup dengan awan dan bulan, cahayanya tak disinarkan. Semua yang bersinar di langit akan kugelapkan demi engkau. Kegelapan Kudatangkan atas tanahmu.”
Lihat juga, dari Matius 24:29, Tuhan Yesus berkata, “Segera sesudah siksaan pada masa itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit dan kuasa-kuasa langit akan goncang.”
Dalam 2 Timotius, Rasul Paulus mengingatkan, “Pada hari-hari akhir, masa-masa penderitaan pasti datang.” 
Dan dalam 2 Petrus 3: 10, “Hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.”
Sabda Tuhan adalah universal. Bukanlah suatu kejadian yang baik yang berkembang di masa mendatang. Ini adalah keseluruhan dari sabda Tuhan. Seluruh dunia dan isinya akan menghadapi kekacauan yang mengerikan dan penghakiman yang menakutkan. Bukankah saya telah mengatakan bahwa segala sesuatu yang ada di dalam Kitab Suci, akan anda temukan dalah pengalaman kehidupan? Anda akan melihatnya dalam hidup kita. Marilah kita lihat dunia tempat tinggal kita.
Para ahli perbintangan yang mengamati bintang dengan teleskop, mencatat bintang-bintang yang hancur dan bagian-bagian semesta lain yang hancur. Mereka terus mengamati dan mencatat.
Ahli geologi dan fisika mengatakan bahwa bumi tempat tinggal kita laksana sebuah tetesan besar. Di dalamnya adalah bola api yang sangat-sangat besar. Kita hidup di lapisan kerak paling luar, seperti lapisan kulit telur. Tepat di bawah kita adalah kobaran api yang sangat besar.
Ahli kimia mengatakan atmosfir bumi sebagian besar adalah nitrogen dan seperempat bagian adalah oksigen, zat gas yang sangat mudah terbakar. Ada pula nitrogliserin. Air. Air yang menutupi sebagian besar permukaan bumi terdiri dari hydrogen dan oksigen. Ada bom H, bom H adalah bom hydrogen. Zat gas yang sangat mudah meledak. Semua adalah zat yang sangat mudah terbakar.
Saya teringat khotbah Simon Petrus pada hari Pentekosta: “Matahari akan berubah menjadi kegelapan dan bulan berubah menjadi darah sebelum hari kedatangan Tuhan.” Apa yang dimaksud Simon Petrus? Bulan berubah menjadi merah, tanda bola api di dalam bumi yang panas berkobar, dan matahari menjadi gelap karena asap yang timbul dari kebakaran bumi. Secara universal, bumi berputar menuju penghakiman Tuhan yang sangat mengerikan. Kita tidak hanya melihatnya secara fisik pada bumi, tetapi juga pada komunitas keluarga. Omar Bradley,  jendral berbintang lima yang mengepalai Angkatan Bersenjata Amerika mengatakan, “Tidak hanya senjata mengerikan yang mengancam umat manusia, tetapi juga kejahatan moral pada umat manusia. Ilmu Pengetahuan Alam yang kita pelajari tidak membantu kita memelihara alam. Kita memiliki terlalu banyak ilmuwan tetapi terlalu sedikit hamba Allah. Kita telah mengerti misteri atom dan melupakan Khotbah di Bukit. Kita lebih banyak mengenal perang daripada damai. Kita lebih banyak tahu tentang membunuh daripada tentang hidup.”
Itulah keadaan bumi tempat tinggal kita dan bumi terus bergerak ke arah tersebut. Pernahkah terpikir bahwa manusia tidak akan menggunakan senjata yang sangat merusak yang telah mereka temukan di dalam perang. Nobel, pemenang hadiah Nobel menemukan TNT. Ia berkata, “TNT sangat berbahaya, kita tidak akan berperang lagi.” Manusia tidak akan menggunakan zat TNT yang sangat berbahaya itu, sehingga ia memulai Hadiah Nobel Perdamaian. Tidak ada perang lagi. Tapi yang terjadi yang dilakukan pertama kali oleh manusia adalah mengalahkan satu sama lain dengan menggunakan TNT dan berperang dengan TNT.
Hal yang sama dapat terjadi pada nuklir. Di mana anda pernah mendengar kata nuklir? Saya tidak pernah mendengar kata tersebut sampai ketika Sekutu menjatuhkan bom di kota Hiroshima. Dan bom ditemukan pertama kali di New Meksiko. Itulah yang dituju dan arah kehidupan umat manusia.
Kita terus bergerak menuju hari penghakiman Tuhan  yang sangat mengerikan, apakah itu dari sisi fisika, kimia, astronomi, moral, kebangsaan atau ilmiah, kita sedang menuju kehancuran umat manusia yang sangat mengerikan.
Menghadapi kekacauan yang sangat menakutkan pada akhir zaman, bagi kita yang menantikan Tuhan dengan penuh harapan dan iman, apa yang kita lakukan? Simon Petrus mengatakan hal yang sangat menakjubkan dalam Kitab Suci, “Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap,” selanjutnya “Carilah dan bergegaslah menuju hari kedatangan Tuhan.”
Apa maksud Simon Petrus? Kita menunggu dan berharap? Kita menantikan dengan rindu hari kejatuhan sejarah manusia, dan kehancuran dunia? Apa maksudnya? Yang dimaksud Simon Petrus dan seluruh isi Kitab Suci bahwa dengan adanya kehancuran dunia dan berbagai kejahatan, berarti tidak ada lagi kematian, tidak ada lagi ratap tangis, tidak ada lagi penderitaan, tidak ada lagi kejahatan, tidak ada lagi perang, tidak ada lagi luka, dan tidak ada lagi air mata.
Bila kita melihat ayat pertama dari Kitab Wahyu pasal 21: “Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu.” Hal ini tidak berarti bumi dan langit musnah. Sesuatu tidak dapat musnah. Anda tidak pernah memusnahkannya. Bahkan Tuhan tidak memusnahkannya. Tuhan memperbaharui sekali lagi untuk kita.
Seperti piala emas, atau vas dari emas yang dilebur, dan Tuhan membentuknya kembali. Tuhan melelehkan dan membentuknya menjadi lebih indah. Ini seperti sebuah bata  dari Babilonia kuno di Museum di Inggris. Pada setiap bata ada wajah dan cap raja. Tetapi ada satu bata yang diinjak oleh anjing, sehingga wajah dan cap raja ternoda oleh telapak kaki anjing. Ada telapak kaki anjing di dunia ini, dan itu ada di mana-mana.

Tetapi tidak selamanya jejak si ular tercantum dalam sejarah manusia. Tuhan akan memperbaharuinya. Dan menjadi baru seperti citra Allah untuk kita manusia. Tuhan Yesus bersabda, “Jangan takut anakKu. Allah Bapa dengan senang hati memberikan bagimu KerajaanNya.” Seluruhnya – seluruhnya. Tuhan Allah memberikan semua itu untuk umatNya, untuk para orang suciNya, dan kita juga mewarisi hak itu.
Tuhan dari semesta ini adalah manusia, di dalam Tuhan Yesus Kristus. Bukan tiga Tuhan. Tetapi satu Tuhan. Dan Tuhan yang tunggal yang akan anda lihat adalah Tuhan Yesus Kristus. Ia adalah Tuhan Allah, dan Ia memerintah selama-lamanya. Amin. Amin. Dan kita akan memerintah bersama Dia. Itulah sebabnya Tuhan menciptakan langit dan bumi yang baru. Dan itulah sebabnya Tuhan Yesus akan datang lagi memberikan kemenangan bagi umatNya.  
Tuhan bukan datang dari sudut pandang ilmu alam, pemerintahan, perkembangan ilmu sosiologi. Tuhan Yesus akan datang dalam pribadi yang nyata. Ia akan datang kembali memberikan kerajaan abadi kepada kita, dunia yang baru dan indah, yang sesuai dengan citra dan tujuan mulia Allah yang sempurna.
Mazmur ke 98, ayat yang pertama mengatakan: “Tuhan telah melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib, keselamatan telah dikerjakan kepadaNya oleh tangan kananNya, oleh lenganNya yang kudus.” Saya tercenung ketika saya membaca ayat ini. Betapa Tuhan telah memberikan hadiah surgawi yang sangat indah dan tak tertandingi bagi dia yang mencintaiNya?
Bolehkan saya bertanya? Mengapa Tuhan tidak bertindak sekarang? Mengapa masih ada kematian? Dan ratap tangis? Dan penderitaan? Dan  air mata? Sakit hati? Oh, Tuhan, seluruh dunia ada di bawah telapak kaki anjing, dan jejak si ular. Tuhan, mengapa Engkau tidak datang sekarang?
Simon Petrus yang menjelaskan akhir dunia menjelaskan. “Tuhan menunggu dengan sabar, Ia tidak menginginkan satupun dari kita binasa, tetapi menghendaki semua dari kita bertobat dan berpaling kepadaNya.” Itulah sebabnya Ia tidak datang sekarang. Jika Tuhan datang sekarang, ada berjuta-juta manusia yang tak akan selamat. Ia tetap berharap semua yang  jahat berpaling dan membuka hatinya menerima Dia. Tuhan seperti seorang ayah pada cerita anak yang hilang, yang menanti anaknya kembali ke rumah.
Tuhan seperti yang dikatakanNya dalam Kitab Ulangan,” Oh, hati yang taat pada suaraKu, akan bahagia sampai ke anak-anaknya selama-lamanya.” Pada Yehezkiel 33:11: ”Demi aku yang hidup, demikianlah firman Tuhan Allah, Aku tidak berkenan kepada kematian orang fasik, melainkan Aku berkenan kepada pertobatan orang fasik itu dari kelakukannya supaya ia hidup. Bertobatlah, bertobatlah dari hidupmu yang jahat itu! Mengapakah kamu membiarkan diri mati?” Itulah Tuhan. Tuhan menunggu selama seratus dua puluh tahun sebelum air bah datang pada zaman Nabi Nuh. Tuhan berkata kepada Abraham, “Jika ada sepuluh orang baik di Sodom, Aku akan membatalkan hukumanKu demi sepuluh orang baik itu.” Tuhan menantikan kita agar dapat selamat, agar kita datang kepadaNya, Tuhan begitu lama menunggu dan sangat sabar. Hanya mereka yang telah berlindung pada Tuhan, yang dapat selamat dari api pembakaran yang sangat mengerikan ketika hari itu datang, ketika api berkobar, ketika hari penghakiman datang.
  Benarkan cerita tentang 3 pemuda Yahudi yang dihukum di api pembakaran? Raja melihat ada 1 orang lagi yang dalam api pembakaran tersebut. Dan raja berkata, “Orang yang keempat itu seperti Anak Allah. Dan ketika tutup tungku pembakaran dibuka, tak sehelai rambut atau pakaian dari ketiga pemuda tersebut terbakar. Diselamatkan! Karena Tuhan menunggu dan percaya; menunggu, berdoa, berharap Engkau akan datang. Berilah hatimu untukNya.  Hiduplah bersama Dia, mati bersama Dia, memerintah bersama Dia, karena Tuhan sungguh menantikan engkau.

Marilah kita berdoa. Tuhan kami yang bertakhta di surga, betapa ajaib hal yang telah engkau lakukan bagi kami, menebus kami dengan darah putraMu, merubah dan memperbaharui dunia yang hancur ini hanya untuk kami, seorang manusia yang diciptakan sempurna di bumi yang sempurna, memuji Tuhan dan Penyelamat kita yang sempurna. Oh, Tuhan, betapa penuh daya, kaya dan dalam janjiMu dari tempat yang tinggi.
Dan Tuhan kami, kami berdoa sekarang di dalam lagu ini, bahwa Tuhan pada hari ini mengirim kepada kami. Beberapa orang yang berkata, “Aku mengarahkan hatiku ke tempat yang tinggi dan kepada Kristus.” Beberapa dari mereka berkata, “Aku menyerahkan hati dan hidupku dalam lingkungan dan persahabatan dalam gereja ini.” Dan beberapa orang berkata, “Aku menjawab panggilan Tuhan dengan komitmen yang lebih mendalam atas hidupku hanya bagiMu, Tuhan.”


UNDANG-UNDANG (UU) 1949 No. 3 (3/1949) Peraturan ...

UNDANG-UNDANG (UU) 1949 No. 3 (3/1949)
Peraturan tentang menambah pajak potong.
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,
Menimbang :
a. bahwa tarip pajak potong sebagaimana tersebut dalam ordonnansi pajak potong 1936
Staatsblad 1936 No. 671 setelah diubah terakhir dengan Undang-undang Nomor 11 tahun
1947 tidak sesuai lagi dengan harga pasar daging;
b. bahwa perlu diadakan peraturan yang setiap waktu memungkinkan perubahan pajak potong
sesuai dengan perubahan harga daging;
Mengingat :
pasal 20 ayat 1, pasal 23 dan pasal IV Aturan Peralihan Undang-Undang Dasar dan Maklumat
Wakil Presiden tanggal 16 Oktober 1945 No. X;
Dengan persetujuan Badan Pekerja Komite Nasional Pusat;
Memutuskan:
Menetapkan peraturan sebagai berikut :
NDANG-UNDANG TENTANG TARIP PAJAK POTONG 1949.
Pasal 1.
(1) Selama tahun 1949 Menteri Keuangan berhak untuk daerah dan masa yang ditunjuk olehnya
menetapkan pajak potong lembu, kerbau, kuda dan babi, untuk perusahaan, sejumlah harga
pasar dari serendah-rendahnya tiga kilogram daging lembu dan setinggi-tingginya lima
kilogram.
(2) Untuk pemotongan lembu, kerbau, kuda dan babi bukan untuk perusahaan pajaknya
ditetapkan oleh Menteri Keuangan sejumlah menurut perimbangan angka-angka yang dimuat
dalam pasal 4, ordonnansi pajak potong 1936 dan dibulatkan keatas sampai ratusan.
Pasal 2.
Undang-undang ini mulai berlaku pada tanggal 1 Oktober 1949.
Ditetapkan di Yogyakarta.
pada tanggal 30 September 1949.
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,
SOEKARNO.
Menteri Keuangan,
LOEKMAN HAKIM.
Diumumkan
pada tanggal 30 Oktober 1949.
Sekretaris Negara,

A.G. PRINGGODIGDO.
PENJELASAN.
UNDANG-UNDANG No. 3 TAHUN 1949.
TENTANG
TARIP PAJAK POTONG TAHUN 1949.
Maksud baru Undang-undang ini ialah supaya pajak potong berhubung dengan
naik-turunnya harga daging dengan jalan yang mudah dapat disesuaikan dengan keadaan. Pajak
Potong lembu untuk perusahaan yang sekarang jumlahnya R. 22,50, dibandingkan dengan harga
daging lembu 1 kilogram a R. 230,- tidak ada artinya lagi. Mengingat kemungkinan, bahwa keadaan
politik dan ekonomi pada akhir tahun 1949, dapat berubah banyak, maka kekuasaan yang diberikan
kepada Menteri Keuangan dibatasi sampai tahun 1949. Dengan demikian maka keadaan pajak
potong pada akhir tahun 1949 perlu ditinjau kembali.
Pembatasan keatas sampai harga 5 kilogram daging lembu didasarkan atas keadaan waktu
perubahan tarip pajak potong yang terakhir ditetapkan dengan Undang-undang No. 11/1947 (bulan
Mei 1947). Pada waktu itu pajak potong lembu untuk perusahaan ditetapkan sejumlah R. 22,50
sedang harga pasar daging lembu pada waktu itu besarnya R. 4,50. Besarnya jumlah pajak potong
jadi sesuai dengan harganya 5 kilogram daging lembu.
Pembatasan kebawah sampai serendah-rendahnya harga 3 kilogram daging lembu diadakan
supaya Menteri Keuangan dapat sekedar kelulasaan dalam menetapkan besarnya pajak berhubung
dengan pembulatan jumlah pajak dan kemungkinan adanya daerah yang keadaannya berlainan dari
daerah Yogyakarta, yang berhubung dengan sukarnya perhubungan sekarang belum dapat diketahui.
Ayat 2 dari pasal 1 perlu diadakan oleh karena pajak potong untuk perusahaan, pajak potong
untuk keperluan sendiri dan pajak potong paksa tidak sama jumlahnya.
Contoh sebagai penjelasan atas ayat ini :
Menurut pasal 4 ordonnansi pajak potong 1936, pajak potong lembu untuk perusahaan
besarnya R. 22,50. Sedang untuk keperluan sendiri besarnya R. 15,-.
Jikalau pajak potong lembu untuk perusahaan oleh Menteri Keuangan sekarang ditetapkan
R. 1000,- (=4-5 kilogram daging), maka pajak potong lembu untuk keperluan sendiri harus
ditetapkan :
R. 15,- kali R. 1000,- 2/3 X R. 1000,- = R. 666,67
R. 22,50
dibulatkan keatas sampai R. 700,-.

kuyawagge








AYAPURA [PAPOS]- Dari hasil konsultasi Tim Pemekaran Puncak Trikora dengan Komisi II DPR-RI bersama Kaukus Parlemen Indonesia Timur serta dengan Kemendagri merespon baik aspirasi masyarakat tentang pemekaran kabupaten Puncak Trikora. Untuk itu, Komisi II DPR-RI telah meminta kepada Tim Pemekaran Puncak Trikora agar segera melengkapi berkas kekurangan-kekurangan dokumen yang dibutuhkan terkait dengan pemekaran kabupaten tersebut.
Kabar gembira itu disampaikan oleh ketua Tim Pemekaran Puncak Trikora, Deerd Tabuni, SE.M.Si ketika ditemui Papua Pos diruang kerjanya, Senin 18/10] kemarin.’’ Belum lama ini kita telah melakukan konsultasi dengan Komisi II DPR-RI bersama Kaukus Parlemen Indonesia Timur, bahkan dengan Kemendagri dan Menkopolhukam. Pada intinya pemerintah pusat mendukung dilakukan pemekaran, namun sebelumnya sejumlah dokumen-dokumen harus dilengkapi dan disampaikan ke badan legislasi DPR-RI untuk menetapkan RUU melalui hak insiatif DPR-RI,’’ ujar politisi Golkar ini. 

Bahkan pada saat sidang Paripurna 2010, DPR Papua telah menetapkan 9 pemekaran baru diantaranya kabupaten Yahukimo 4 pemekaran, kabupaten Pegunungan Bintang 1 pemekaran, kabupaten Puncak Trikora 1 pemekaran, kabupaten Merauke 1 kota dan 1 kabupaten, pemekaran Griminawa. Karena itu, menurut Deerd DPRP mewakili daerah pemilihan [Dapil] masing-masing terus mendorong melalui hak insiatif DPRP untuk dilakukan pemekaran. ‘’ Kita melihat majunya suatu pembangunan di daerah Papua adalah dengan jalan pemekaran. Mengingat daerah Papua medannya sangat sulit dijangkau baik melalui transportasi darat maupun transportasi udara,’’ tukasnya.
‘’Kami sebagai anak-anak mereka sangat sedih melihat orang tua kami tinggal dilereng-lereng gunung maupun sanak saudara kami yang tinggal di balik gunung serta yang tingga di daerah terpencil, dimana hasil bumi mereka tidak bisa dijual kepasar. Lantaran mereka harus berjalan kaki selama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu untuk menjual hasil kebunnya ke Distrik maupun ke ibu kota kabupaten. Alhasil, sayur-sayuran maupun hasil kebun lainnya sudah layu atau membusuk ditengah jalan. sehingga mama-mama harus pulang hampa tangan dan dengan penuh rasa kecewa,’’ tuturnya.
Oleh karena itu, solusi yang tepat untuk mengatasinya adalah harus dilakukan pemekaran. Hal ini sebagai upaya memperpendek rentang kendali pelayanan pemerintah. Jadi ia selaku kader partai Golkar serta sebagai ketua tim pemekaran akan terus berjuang bersama masyarakat membawa aspirasi pemekararan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada. Untuk itu, demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat, maka pemerintah pusat harus menanggapi secara baik aspirasi pemekaran kabupaten, kota maupun aspirasi pemekaran provinsi.’’ Kami akan terus mendorong DPR-RI, DPD-RI, Kemendagri dan Menkopolhukam agar pemekaran Puncak Trikora ini bisa segera terealisasi,’’ imbuhnya.
Selaku ketua tim Pemekaran ia meminta kepada seluruh masyarakat Puncak Trikora di lima Distrik, dua distrik di Nduga dan 3 distrik Lanny Jaya agar tetap tenang dan jangan mudah terprovokasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab karena aspirasi masyarakat telah mendapat pertimbangan dari pemerintah pusat. Bahkan Tim juga telah menerima 1 suratdukungan surat dari Bupati maupun surat keputusan dari DPRD setempat yakni dari Nduga dan Lanny Jaya. ‘’Minggu ini surat dukungan itu akan kami serahkan ke Komisi II DPR-RI dan Kemendagri,’’ tukasnya.
Lebih lanjut dikatakannya aspirasi pemekaran kabupaten Puncak Trikora ibu kota Distrik Kuyawage disampaikan tanggal 15 Juni 2005 lalu. Pada waktu itu Puncak Trikora masih bergabung dengan kabupaten induk kabupaten Jayawijaya bersama 4 kabupaten pemekaran baru yakni Lanny Jaya, Nduga, Mambramo Tengah dan Yalimo. Sayangnya ditengah jalan pemekaran kabupaten Puncak Trikora tidak muncul, malah kabupaten Mambramo Tengah yang tidak diusulkan disetujui sebagai kabupaten pemekaran.
Aspirasi rakyat Puncak Tolikara dikorbankan dengan kepentingan politik kotor sehingga masyarakat Puncak Trikora merasa kecewa. Tak pelak saat itu, masyarakat dari gunung-gunung turun dan menuntut supaya dilakukan pemekaran. Meskipun pusat tidak merealisasikan pemekaran Puncak Trikora, pihaknya tidak putus asa, ia bersama tim Pemekaran akan terus berjuang melalui mekanisme yang ada ke pusat. Apalagi DPRP dan kabupaten induk sangat mendukung pemekaran Puncak Trikora.
‘’Saya selaku ketua tim meminta dukungan penuh dari masyarakat. Demikian juga saat masa Pemilihan Umum Kepala Daerah [Pemilukada] di kabupaten Nduga dan Lanny Jaya, bilamana ada salah satu calon yang menjanjikan sesuatu kepada masyarakat Puncak Trikora agar tidak mudah percaya, tetapi apabila ada diantara calon yang memberikan uang silahkan ambil dan makan. Soal pemekaran Puncak Trikora sudah diurus tim, bukan diurus oleh calon Bupati,’’ terangnya. [bela]